Walaupun langkahku pelan, kupastikan aku tidak berjalan mundur :)

Hello friends! (˘⌣˘)ε˘ )

Senin, 17 Desember 2012

(Tutorial) Membuat Pola dan Songket Kruistik Part I

Reactions: 
Halo girls, guys, and gays...!
Kali ini aku bakal membahas kerajinan tangan yang aku gemari. Pada dasarnya aku ini orang yang mencintai sesuatu yang unik, indah, apalagi kalo itu berupa kerajinan tangan. Rasanya lebih spesial aja kalo itu kerajinan tangan, APALAGI hasil dari tangan kita sendiri! :D WOW sensasinya itu loh, tiada duanya!

Sebelumnya aku pernah bikin 4 kruistik: 3 untuk idola aku #SPBU (Shitlicious-Poconggg-Benakribo) dan yang 1 untuk pacar aku *switwiw*. Kruistik juga cocok buat dijadikan kado atau hadiah untuk orang yang menurut kamu spesial :D Soalnya ini kerajinan yang lumayan butuh pengorbanan terutama WAKTU.

Nah kali ini aku bakal berbagi 2 metode membuat pola kruistik dan mengkruistik buat teman-teman semua, yang pastinya gampang-gampang susah. Gampang kalo mau telaten dan sabar. Susah kalo kamu emang gak bakat sabar :P Kruistik memang membutuhkan ketelatenan, ketelitian, dan kesabaran yang begitu ekstra! Makanya, kalo mau cari pacar, pacarin deh yang pinter bikin kruistik, orangnya pasti sabaaar :P *benerin kerah*

Biasanya ada tuh, kruistik yang dijual sudah sepaket dengan pola. Tapi kan gak seru bok! Paling asik itu kalo bikin kristik berikut dengan pola hasil imajinasi kita sendiri! :D Terus gimana caranya? 

KAMU HARUS PUNYA DULU:
- Microsoct Excel dan imajinasi :D
- Pola kruistik (pola yang akan kamu jadikan bahan meng-kruistik),
- Kain strimin (ukuran disesuaikan). Bikin kristik itu 1:3. Sederhananya, kalo di pola kruistik 1 warna mewakili 1 kotak, artinya di kain strimin 1 warna mewakili 3x3 atau 9 kotak (nanti deh, dijelasin di fotonya.),
- Benang wool (warna menyesuaikan kebutuhan pola),
- Jarum kruistik (jarum untuk wool yang di bagian lubangnya besar.).

Metode Pertama (Metode Khayal)

1. Di sini kamu diharuskan punya imajinasi yang kuat juga bayangan yang jelas seperti apa kreasi yang kamu mau. Contohnya nih, dulu aku bikin kristik kakak-kakak #SPBU dengan mereka-reka bagaimana wujud mereka jika dikartunkan. Dan hasilnya membentuk pola seperti ini di Microsoft Excel. Untuk bikin kotak-kotak kecil setting Column Width: 0,5, Row Height: 5 (klik untuk memperbesar gambar):
Ini POLA PERTAMA, masih kasar, belum dirapikan lagi
Kemudian, karena melihat beberapa bentuk seperti bibir, mata, rambut, warna-warna dan bentuk lain yang dirasa masih kurang pas, akhirnya aku menata ulang menjadi seperti:
Asli itu pola Mas Alitt gak bermaksud dipotong. Cuman kalo mau ngeprint beberapa bagian kan, kudu pake selection. Nah, setelah itu kepencet lah warna putih. Pas di close, ditanyain sama komputernya Do You Want To Save? Malah kepencet YES pula! Apes lah.
Bandingkan deh, lebih rapi dan kelihatan cute pola kedua kan, daripada yang pertama? :) #DiiyainAja :P

2. Kemudian, catat berapa warna yang kamu butuhkan dan warna apa saja. Catat juga berapa ukuran kain strimin yang kamu butuhkan (biasanya di toko benang dijual kain strimin yang per meter).

3. Memulai menyongket kruistik. Pada dasarnya kruistik menggunakan pola silang. Nah, pola silang yang satu demi satu ini yang nantinya akan membentuk gambar sesuai pola yang kamu ikuti.

Gambar kiri: cara menyongket, tampilan jarum & benang.
Gambar kanan: 15 kotak yang menggambarkan kain strimin yaa. So:
3.1. Masukan jarum yang sudah dikait benang di lubang kain strimin nomor 1 (gambar kiri), sisakan sedikit benang wool di bagian belakang untuk 'mengunci' songketan.
3.2. Dari lubang nomor 1 masukan jarum ke lubang nomor 9, lalu masukan lagi jarum ke nomor 3 (sehingga posisi jarum berada di bawah kotak nomor 6).
3.3. Setelah masuk di lubang nomor 3, ulangi pola tersebut sehingga membentuk seperti pada gambar (kiri) nomor 3. 
3.4. Ulangi sampai sebanyak jumlah kotak pada pola gambar yang telah kita buat. Misalnya pada pola terdapat 5 warna kuning, buatlah pola silang sebanyak 5 kali pada kain strimin.
3.5. Setelah itu agar bisa membentuk pola silang, dari lubang nomor 3 masukan ke lubang nomor 7, lalu masukan lagi jarum (dari bawah) ke lubang nomor 1 (posisi jarum berada di bawah kotak nomor 4). Kalau songketan dilanjutkan ke atas maka dari lubang nomor 7 bisa langsung dimasukkan le lubang nomor 13 lalu disongket lagi ke lubang nomor 3, dan masukan lagi jarum (dari bawah) ke lubang nomor 15. DAAAAN BEGITU SETERUSNYA :D

WELL, ini enaknya sambil pegang alat & bahannya, jadi sambil praktek. Kalo dibaca doang gini sih, pusing ya pusing deh lau :P Mungkin kalo kurang hobi, ngerasa ribet kali ye. Tapi buat kalian yang suka mengasah kreativitas (terutama cewek-cewek), ini menyenangkan sekali, karena ada kepuasan tersendiri :)

Terus, hasil akhirnya gimana? TRADAAAAA!
Hihihi, ini belom dibingkai, dan kruistik Bang Benakribo (paling kanan) pun, backgroundnya belum disongket. Membuat 3 buah kruistik ini total memakan waktu 5 bulan. Kalo kata orang Jawa, selo tenan uripku :D Intinya, sempet-sempetnya sih looo mengkristik?!?! Hari geneee gitu yah :O Ya gimana, waktu itu jomblo. Butuh kegiatan buat ngisi waktu, biar lupa malam minggu :D

Yak sekian dulu metode pertama, besok-besok saya update metode kedua yaitu metode untuk mengkristik wajah orang.

SEE YOUUU! :*
Megashofani.

15 komentar:

  1. wuih... keren..keren :D
    bookmark dulu dah, salam kenal ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Anggaaa :D Thanks ya sudah mampir ;)

      Hapus
  2. aaaaaaaa itu yg buat di Excelnya harus banyak belajar nih (>.<)9

    BalasHapus
  3. wiw, keren, thanks tutorialnya yah,, jadi pengen nyoba >o<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyoba aja, asik kok! Tapi harus ekstraaa sabar :D

      Hapus
  4. woah keren, pingin nyoba :o
    aku juga pernah bikin gitu, dan sampai skrg belum jadi -_-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaaah, padahal kalo jadi rasanya puas banget lho :) Ayo diselesein ;)

      Hapus
  5. keren....pengen buat, tapi ko ribet :)

    BalasHapus
  6. wah bagusssss, udah niat bikin tapi bingung edit di excelnya. mungkin dibagian itunya bisa lebih diperjelas langkah-langkahnya :D

    BalasHapus
  7. Kak megaaaaaa:3 ini keren pake banget loh:3 suka banget>< tp masih bingung itu di print di kain strimin itu kak?

    BalasHapus
  8. Waktu SMP aku pernah mau dan niat buat kayak gini buat tugas senbud gitu, gambar stawberry, dan akhirnya gagal karena aku orgnya gak telaten dan gak sabaran wkwk keren kak asli!

    BalasHapus
  9. hay aku mau buat kerajinan krustik wajah pacar.cara untuk nempelin pola wajah ke kainny itu gimana y?apa ada alatny?ato pesen kemana gitu?sehingga kita tinggal ngebenang aja sesuai pola wajah di kain yg sudah tercetak.share pengalaman dumz?

    BalasHapus