Wednesday, 7 December 2011

Workshop 2011

Hmm, sebelumnya gue mau tanya siapa yang gak tau apa arti workshop? Hah appppah lo gak tauk? Hm sama kok gue juga #loh. Eh gue tau deeeng *bisa dibantai kalo gue gak tau* Ya, sebenernya gue tau cuman gue gak mau jelasin panjang lebar di sini. 

Nah, kali ini gue mau ceritain sedikit pengalaman gue jadi panitia workshop 2011. Sebelumnya apa aja sih yang berlangsung selama workshop tersebut? Nah, jadi kita angkatan 2010 diberi kepercayaan ngebuatin acara untuk angkatan 2011 (Mahasiswa Baru) yaitu sebuah acara pameran yang dimana karya-karya yang dibuat oleh mereka adalah tugas yang diberikan dari materi yang telah disampaikan kepada mereka. Sumpah, kalimat yang gue buat berbelit-belit minta ampun. 

Jadi gini, angkatan 2011 kita kumpulin di satu ruangan bersama panitia, yaitu 2010 yang juga dibimbing oleh 2009. Nah, di sini dalam kurun waktu 2 minggu kita ngasih materi ke angkatan 2011. Materi-materi itu disampaikan oleh angkatan 2010, kakak-kakak 2009, 2008 dan di atasnya. Pokoknya materi diberikan oleh mereka yang punya kualitas lebih di bidang Desain Komunikasi Visual #sadaaap. Nah, setelah pemberian materi tersebut, angkatan 2011 ini diberi tugas sesuai materi yang telah diberikan. Misalnya, materi papertoys, ya tugasnya membuat papertoys. Materi mural, tugasnya ya disuruh bikin mural.

Angkatan 2011 yang terdiri dari 35 anak itu dibagi 5 regu. Tiap regu diharuskan hafal dan kompak untuk ngebawain mars seni rupa, hormat seni rupa, dan disuruh buat yel-yel. Ini semacam ospek sih kalo menurut gue, yang intinya ngegojlok mental mereka supaya gak mental tempe. SEMACAM ospek lho, bukan ospek. Yang membedakan ospek dan workshop di sini adalah disini mereka gak cuma digojlok mentalnya, tapi dapet materi materi berguna yang gak akan mereka dapet di perkuliahan. Makanya kenapa ini bukan disebut ospek. Hanya menyerupai dikit bisa kali... 

Kebetulan gue jadi panitia kelompok 2 dari angkatan 2011 ditemenin Bintang, Candea, dan Mbak Uut. Hmm gue ceritain dikit ya tentang kelompok 2 ini. Kelompok 2 ini kalo menurut gue anaknya ganteng-ganteng cantik-cantik yang terdiri dari 7 mahasiswa baru, dan yang bikin rasa sayang gue tumbuh sama mereka selama gue mendampingin mereka, mereka tuh nurut kalo dibilangin juga muka mereka yang inosen abis qaqaaa. Yah, walaupun ada juga sih beberapa orang yang bilang kalo kelompok dua ini anaknya lemah-lemah. Tapi gue sebagai pendamping yang tau usaha mereka, buat gue mereka gak lemah.Yeah, tak kenal maka tak sayang :) Oiya, nama kelompok dua ini "Gigantik" yaitu akronim dari Gajah Imud Ganteng dan Cantik. Kenapa Gajah? Karena tema nya tentang hewan yang harus dilindungi, dan mereka kedapetan hewan Gajah, walaupun badan mereka sama sekali gak ada yang kaya gajah (Yang ada pendampingnya mirip gajah :|)

Ya pokoknya dua minggu itu cerita yang panjang banget yang nggak mungkin bakal gue ceritain semua di sini. Semuanya klasik deh, sama aja kok seperti yang kayak gue alamin tahun lalu. Hmm... klasik dengan acara puncak nyalain kembang api terus siram-siraman air.

Tapi satu kalimat yang gue inget sampe sekarang, kalimat dari kakak tingkat gue, Mas Taufik namanya kalo gak salah. Doi bilang “Hidup itu pilihan kok. Dan jangan kira IP tinggi itu bisa bikin hidup kalian sukses kalo kalian gak ambil ilmunya. Hidup itu tentang cari ilmu, bukan cuma sekedar nilai. Nilai itu formalitas, jadi jangan bangga dulu... soalnya kalo udah kerja itu yang dibutuhin ketrampilan, ilmunya... bukan sekedar nilai di atas kertas...” ya, walupun perkataanya gak sama persis kayak apa yang barusan gue ketik, tapi intinya gitu deh. Dan itu kena banget kena banget di hati gue meeeen.


Oiya nih gue kasi bocoran waktu dede-dede yang gue dampingi nyanyi mars seni rupa, hormat seni rupa sama yel-yel pas acara pra-workshop. Maafin gue sebelumnya yaa dede-dede, maafin qaqamuwh yang nista inyiiih  #PLAK


video


Love,
Megashofani

No comments:

Post a Comment