Friday, 4 November 2011

Zynga Poker

Malem ini gue mau ngebahas salah satu aplikasi game facebook yang bikin orang kecanduan, yaitu Zynga Poker. Di antara banyaknya aplikasi games di facebook, Zynga Poker adalah salah satu yang paling populer! Kenapa sih bisa populer gitu? Well, karena bisa menghasilkan uang sungguhan (bagi yang beruntung). 

Zynga Poker adalah permainan semacam judi taruhan yang medianya berupa facebook bisa juga myspace. Permainannya berupa taruhan angka dengan memakai chips sebagai uang virtual. Nah, kepingan chips inilah yang dijual di dunia nyata. Peminat chips biasanya dari kalangan hobi yang sama, kalau bukan penjual chips poker ya pemain poker. 

Poker adalah permainan di mana insting dan feeling kamu dituntut untuk bekerja. Tapi diluar semua itu hoki yang terpenting. Dan itu semua akan membuat kamu ketagihan, ketagihan, dan ketagihan.

Bukan dibilang judi sih kalo belum melibatkan uang beneran, hanya saja kebanyakan pengguna zynga poker lebih berorientasi pada uang. Ya nggak heran sih, soalnya kalo emang beruntung, dari penjualan chips kalian bisa beli barang-barang berharga mulai dari barang elektronik sampe kendaraan. Udah ada bukti yang nyata kok. Siapa yang nggak suka? Have fun dapet, uang juga dapet! Tapi kalo kita lagi kalah taruhan, dan taruhannya banyak, bakalan STRESSSS berkepanjangan. Sembuhnya cuma dengan chips, main, dan menang. Kamu gak akan berhenti sebelum kamu menang! Dan itu akan berjalan dengan siklus seperti itu terus menerus...


Kalau pada jaman gue menggilai poker (2009), $1.000.000 (1M) chips dijual dengan harga Rp10.000,00,00. Kabar yang gue denger terakhir kali di tahun ini harga chips udah mulai anjlok sekitar Rp3000,00-Rp4000,00/M karena pemain dan peminatnya (mungkin) gak serame dulu.

Gue mau cerita sedikit tentang pengalaman jatuh-bangun gue sama si Zynga Poker ini:

Semula gue hanyalah ababil facebooker biasa yang cuma update status dan penggila pet society (Aplikasi facebook yang sistemnya mirip tamagochi. Ngasih makan, mandiin, dan ngajak main si binatang peliharaan), sampai pada suatu hari si mantan pacar ngajakin main poker :
Pacar : Neng, beli chip poker yuk... kita main poker kaya temen-temen Aa.
Gue : Apa itu chip poker?
Pacar : Itu loh, buat main poker di fesbuk...
Gue : Apa itu poker?
Lalu pacarpun menjelaskan cara mainnya

Sebenernya main poker gak perlu beli chips karena dari Zynga sendiri udah menyediakan chip awal untuk bermain. Biasanya dari Zynga disediakan sekitar $2000. Tapi kembali lagi pada kepuasan si pemain. Ada beberapa tipe pemain poker yang kurang puas kalo angka chipsnya dikit. Biasanya tipe-tipe begini karena terbiasa main di meja yang taruhan angka chipsnya gede. Misalnya, mantan pacar gue.

Karena ngeliatin si pacar mainan poker, gue gak mau kalah dong. Gue juga belajar main poker sampe akhirnya gue dan pacar jadi partner poker yang yahud. Kita main poker bareng, terus kalo chips kita banyak kita jual bareng #romantis #curcol #nostalgia. Gue yang gaptek soal poker pun jadi lihai~

Tapi segala yang berlebihan itu emang gak baik. Candu poker yang sudah merasuki otak gue pun mulai gak wajar. Gue inget banget, saking gue pengen main poker, gue diem-diem ngambil ATM nyokap hanya untuk beli chips. Sementara orang susah payah cari duit buat makan, gue malah menghamburkan duit untuk beli barang yang sebenernya belum tentu menguntungkan gue. Mungkin ada hitungan juta hanya untuk sekedar chips. Gue gak pernah melewatkan seharipun tanpa buka aplikasi poker. Terkadang candu itu berbahaya kalau kita gak bisa mengendalikannya.

Sampai akhirnya gue sadar, hidup gue bukan ke arah yang lebih baik gara-gara poker. Gue merasa berdosa karena untuk beli chip aja gue harus minta uang melulu ke Mama dengan berbohong (Mama emang mulai melarang gue main poker semenjak tau poker begitu merugikan). 

Sekarang gue udah sembuh, tapi bukan hal yang gampang untuk sembuh dari kecanduan. Butuh niat dan usaha untuk membuang jauh-jauh keinginan diri sendiri dari kesenangan-kesenangan seperti itu. Diri sendiri adalah musuh terbesarmu, guys

Di mata gue, poker dulu dan sekarang udah beda. Dulu gue ngeliat poker, pasti langsung gatel banget buat masuk meja dan ikut judi taruhan. Tapi sekarang gue cuma bisa senyum ngeliat permainan itu. Selain pernah menguras habis kantong gue, gara-gara poker gue sama mantan pacar pernah marahan gara-gara gue ngehabisin chip dia senilai $20.000.000,00 Emang waktu itu salah gue gak bisa menahan diri :D Sorry my ex :*

Bagi lo yang main game online apapun yang melibatkan uang, gue saranin udahan ajalah. Itu gak akan menguntungkan lo kedepannya kalo hanya untuk kepuasan. Ya lo itung aja lebih sering mana rugi-untungnya? Mending kalo banyak untungnya! Kalo rugi melulu? Yang ada lo buang-buang waktu. Lo bakal terus kecanduan sampe lo sadar waktu hidup lo udah habis untuk hal seperti itu. Uang untuk game-game seperti itu akan lebih berguna untuk hal-hal lain kedepannya. Yah bukannya gue menggurui, toh semuanya kembali ke diri sendiri masing-masing, karena memang setiap orang punya masa-masa tersendiri mereka dalam hal menggilai sesuatu.

Dulu temen gue selalu mencibir, "Main apaan sih lo? Gak asik banget main begituan!". Tapi belakangan ini dia malah lagi candu-candunya sama poker.

Tapi buat gue... POKER? Cerita lama :)


Love,
Megashofani.

2 comments:

  1. T__T aku benci zynga..
    trauma melanda ...\
    kga pernah menang lagi, sekali nya menang..
    mlh kena DOOH alias BANED, Zynga SUASUASUASU...
    tu 16,5m kga bergerak2 sni ndy maenin m'hehehe
    www.ngarep.com

    ReplyDelete